COMPLETING THE PROJECT
(MENYELESAIKAN PROYEK)
PAPER
Disusun
oleh :
Agus
Yanto (160131601701)
Friska
Fridiana Putri (160131600483)
Nita
Indah Syarul (160131600401)
Riski Karina (160131600499)
Sri
Wulandari (160131600416)
UNIVERSITAS
NEGERI MALANG
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
ADMINISTRASI
PENDIDIKAN
Februari 2019
BAB INI MELIPUTI:
·
Bagaimana menyelesaikan
proyek yang memastikan hasil yang disampaikan lengkap, benar, dan dapat
digunakan oleh pelanggan. Kegiatan yang dijelaskan dalam bab ini dilakukan pada
akhir proyek. Namun, tugas-tugas yang dijelaskan membutuhkan waktu dan
menghabiskan waktu dan karena itu mereka perlu dimasukkan dalam Rencana Proyek.
Tugas-tugas dalam bab ini seringkali penting untuk sebuah proyek yang sukses,
dan karena itu mereka perlu dibangun ke dalam rencana dan anggaran proyek.
POINT UTAMANYA ADALAH:
·
Proyek yang sukses berakhir
dengan cara yang terkontrol, dengan manajer proyek memastikan semua jalan
keluar yang jelas. Ini sering membutuhkan pengujian kiriman, dan memastikan
pelanggan memahami cara menggunakannya.
CONTOH:
Misalkan Anda telah
menjalankan proyek untuk menulis sepotong kecil perangkat lunak komputer untuk
bisnis. Tim proyek yang terdiri dari lima orang telah mengerjakan ini selama
enam minggu dan baru saja menyelesaikan penulisan perangkat lunak. Apakah
proyek Anda selesai?
Masih ada beberapa hal
yang harus dilakukan. Pertama, hanya karena Anda telah menulis perangkat lunak,
itu tidak berarti itu berfungsi dengan baik, perangkat lunak harus diuji.
Setelah diuji, Anda mungkin memiliki keyakinan yang lebih besar bahwa itu
berfungsi, tetapi apakah pelanggan Anda dapat menggunakannya? Biasanya Anda
harus meluangkan waktu untuk menginstallnya ke komputer pelanggan Anda dan
menunjukkan kepada mereka cara menggunakannya dan mungkin menjalankan beberapa
pelatihan terstruktur dengan kata lain, perangkat lunak harus
diimplementasikan. Setelah mengimplementasikan perangkat lunak, beberapa hari
kemudian mereka mungkin memiliki beberapa pertanyaan tambahan atau mereka
mungkin mengidentifikasi pelaksanaan yang tidak diambil oleh pengujian Anda.
Jadi biasanya merupakan praktik yang baik untuk memberikan beberapa dukungan
kepada pelanggan Anda untuk jangka waktu terbatas setelah kiriman telah
diserahkan, untuk menjawab pertanyaan mereka dan memperbaiki kesalahan yang
mereka temukan.
Sekarang Anda dapat mulai
menutup proyek Anda. Tim proyek dapat 'dirilis', yaitu membiarkannya bekerja
pada proyek lain untuk mengembangkan beberapa perangkat lunak lain. Tapi Anda
mungkin tidak ingin semuanya pergi sekaligus. Mereka harus dilepaskan pada
waktu yang berbeda, ketika bagian-bagian yang relevan dari proyek selesai.
Juga, setiap uang yang belum Anda belanjakan dari Anggaran Proyek Anda perlu
dikembalikan kepada pelanggan Anda.
Jika Anda tidak akan
menjalankan proyek lagi, mungkin Anda bisa berhenti sekarang. Namun, jika Anda
pikir Anda dapat menjalankan proyek di masa depan, perlu meninjau proyek
pengembangan perangkat lunak ini secara keseluruhan apa yang Anda lakukan
dengan sangat baik, dan apa yang bisa dilakukan dengan lebih baik? Jika Anda
tahu apa yang harus dilakukan dengan lebih baik dan apa yang dilakukan dengan
baik, ketika Anda mulai mengembangkan perangkat lunak berikutnya, Anda harus
melakukannya dengan lebih berhasil.
Jika
proyek itu sukses dan pelanggan Anda senang dengan perangkat lunak yang Anda
kembangkan, mungkin ada baiknya mengadakan perayaan kecil. Anda pantas
mendapatkannya, setelah semua Anda menyelesaikan proyek!
BAB
I
PENGANTAR
UNTUK MENYELESAIKAN PROYEK
Rata-rata
manajer proyek yang selalu diminati oleh pelanggan yaitu cara manajer dalam
mengakhiri suatu proyek. Keberhasilan dalam menjalankan sebuah proyek bukan
hanya tentang menghasilkan kiriman, tetapi tentang menghasilkan kiriman dan
juga memberikannya kepada pelanggan dengan cara sebaik mungkin dan memastikan
sebuah proyek tersbeut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Cara
yang perlu diketahui untuk menyelesaikan batas waktu proyek bergantung pada
sifat proyek dan hasil yang diberikan. Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan
ketika mengakhiri suatu proyek sebagai berikut.
1.
Uji kiriman. Hal ini
dilakukan dengan menguji hasil seperti perangkat komputer, sistem telepon baru,
mesin baru dan sebagainya untuk memastikan apakah benda tersebut berfungsi
dengan baik.
2. Bantu
pelanggan untuk menggunakan kiriman. Beberapa hasil perlu dijelaskan kepada
orang-orang atau menerapkan dalam cara menggunakan hasil dari proyek
tersebut. jika dalam suatu proyek yang
dikerjakan memiliki sistem komputer baru, pelanggan perlu dilatih hingga
mengetahui sistem yang ada di dalamnya. Tata letak kantor baru mungkin perlu
dijelaskan kepada staf yang pidahan di proyek yang telah dikerjakan tersebut.
cara-cara kerja baru, seperti proses dan prosedur yang direvisi, mungkin
mengharuskan kita bukan hanya melatih orang tersbeut tentang cara
menggunakannya, namun juga untuk meyakinkan mereka bahwa proses-proses baru itu
merupakan peningkatan. Jika proyek yang telah dibuat menghasilkan bisnis baru
atau seperangkat aturan baru, kita perlu mendidik staf tentang kebijakan baru
tersebut, selain itu mungkin bisa perlu menjelaskan implikasi peraturan atau
kebijakan tersebut dan bagaimana dampaknya terhadap semua aspek pekerjaan
mereka. Mesin baru di pabrik akan mengharuskan operator dilatih. Apapun
hasilnya kita harus mempertimbangkan bantuan apa yang mungkin diperlukan
pengguna akhir dan pelanggan untuk mendapatkan manfaat penuh darinya.
3. Mendukung
pelanggan agar mereka terbiasa dengan kiriman tersebut, dan waktu yang singkat
sampai mereka mengetahui apakah kiriman berfungsi dengan baik.
Beberapa
hasil kerja memerlukan dukungan bahkan jika pelanggan telah dilatih cara
menggunakannya.
Panduan langkah demi
langkah dalam menyelesaikan proyek:
Uji hasil kerja
Sebagai seorang manajer dari sebuah proyek
sudah menjadi tanggungjawabnya untuk mengelola serta menghasilkan hasil kerja
yang tepat dan memenuhi persyaratan yang telah disepakati. Dalam hal ini, sebagai seorang yang mengelola sebuah proyek perlu
melakukan pengujian atas kiriman dengan memperhatikan dari jenis pengiriman
tersebut. misalnya mengujian pada mobil baru berbeda dengan cara menguji
perangkat lunak komputer atau bahkan dari cara menguji bangunan baru yang baru
saja dibuat. Dengan demikian, setiap hasil kerja harus diuji sebelum kita
benar-benar yakin bahwa kiriman tersebut memenuhi harapan kita.
Langkah 5.1 Menguji
Kiriman
Terdapat
beberapa perytanyaan umum yang perlu ditanyakan dalam menguji serangkaian
kiriman yaitu.
1.
Apakah rangkaian
pengiriman sudah lengkap?
2. Apakah
masing-masing berhasil/
3. Apakah
setiap hasil kerja berfungsi baik dan fitur yang ada di dalamnya seperti yang
diharapkan?
4. Apakah
kiriman telah dibuat/dibangun sudah berada pada tingkat kualitas?
5. Apakah
ada kriteria atau proses penerimaan spesifik yang telah ditetapkan pelanggan
dan apakah barang yang dikirim memenuhi kriteria?
6. Ada
100 meja, kursi, PC, dan telepon terpasang
7. Setiap
kombinasi meja, PC dan telepon diatur sedemikian rupa dengan ruang yang cukup
serta staf dapat menggunakannya dengan nyaman dan efektif.
8. Meja
makan memiliki pencahayaan dan powerpoint yang memadai
9. Setiap
PC dapat dihidupkan dengan baik dan menawarkan rentang perangkat lunak komputer
yang benar
10.
Setiap telepon memiliki
nada panggil saat diangkat dan dapat dipanggil pada nomor yang diharapkan.
Langkah
5.2 Implementasi Kiriman
Ada banyak cara untuk mengimplementasikan kiriman, dan
itu tergantung pada jenis kiriman. Biasanya pertanyaan yang perlu Anda tanyakan
untuk mengimplementasikan kiriman adalah:
•
Apakah
kebiasaan Anda siap untuk kiriman? Misalnya, jika Anda akan memasang seperangkat
perabot baru di kantor, apakah kantor itu penuh dengan orang yang sibuk
melakukan pekerjaan normal mereka yang tidak dapat diganggu saat ini?
•
Apakah
kiriman itu benar-benar baru atau apakah mereka menggantikan sesuatu yang sudah
dimiliki pelanggan? Jika yang itu barang pengganti, bagaimana keadaannya. Untuk
membantu mereka melakukan transisi dari apa yang mereka miliki saat ini ke apa
yang telah di kembangkan? Pertimbangkan situasi di mana pengiriman dari proyek
adalah cara penjualan baru untuk tenaga penjualan perusahaan yang menggambarkan
cara baru untuk menjual produk baru yang telah dkembangkan. Bagaimana Anda akan
memastikan bahwa tenaga penjualan mendapatkan cara baru, memahaminya, dan
mengikutinya alih-alih manual penjualan yang ada?
•
Apakah
hasil perlu diintegrasikan atau dibuat untuk bekerja dengan hal lain? Siapa
yang bertanggung jawab untuk melakukan ini dan bagaimana hal itu dilakukan?
Bayangkan situasi saat Anda mengirimkan mesin baru ke pabrik. Jika mesin ini
bekerja sendiri, maka Anda hanya perlu menemukan ruang dan catu daya untuknya.
Tetapi bagaimana jika mesin telah bekerja dengan mesin lain yang sudah ada:
siapa yang akan menyatukan kedua mesin dan memeriksa apakah mereka bekerja
dengan baik bersama?
•
Apakah
hasil kiriman perlu tindakan khusus untuk diterapkan? Apa ini dan siapa yang
akan melakukan thcm? Beberapa dcliverables hanya bisa. diimplementasikan dengan
cara khusus. Jika kiriman Anda adalah barang baru. perangkat lunak komputer,
bagaimana cara menginstalnya ke komputer semua orang? Siapa yang akan melakukan
ini?
•
Apakah
pelanggan Anda perlu dilatih? jika demikian, bagaimana pelatihan ini akan
disediakan? Pertimbangkan sebuah proyek di mana Anda memberikan satu set
instruksi kerja baru untuk staf di call center. Proyek telah mengembangkan
instruksi, tetapi sekarang staf, yang harus mengikuti instruksi ini, harus
memiliki instruksi yang dijelaskan kepada mereka, dan seseorang harus
memastikan staf memahami instruksi sepenuhnya.
Langkah
5.3. Memberikan dukungan kepada pelanggan
Pelanggan mungkin masih belum memahami setiap fitur
mereka. Pelanggan juga dapat menemukan masalah yang hanya muncul ketika
pengiriman digunakan sehari-hari. Ini berarti anda mungkin perlu memberikan
dukungan kepada pelanggan untuk waktu yang singkat setelah menyelesaikan
proyek. Pertanyaan untuk diri sendiri:
·
Apakah
pelanggan cenderung memiliki masalah dengan kiriman Anda setelah Anda
menyerahkannya?
·
Bagaimana
Anda mengatasi masalah ini?
·
Bagaimana
Anda tahu kapan periode dukungan ini selesai?
Mendukung pelanggan setelah menyelesaikan proyek
adalah praktik yang baik, tetapi dapat mengambil risiko situasi di mana proyek
tidak pernah berakhir. Untuk menghindari jebakan dari tidak terselesainya suatu
proyek, sebaiknya diadakanya persetujuan diantara dua belah pihak kapan
terselesaikannya suatu proyek tersebut, dan waktunya harus dimasukkan ke dalam
Rencana Proyek.
Dalam memberikan dukungan Anda mungkin ingin
memastikan:
·
Setiap
anggota staf tahu yang mana mejanya.
·
Ada
bantuan untuk menyusun kursi, meja dengan cara mereka sendiri.
·
Semua
orang tahu nomor telepon dan kata sandi PC baru mereka namun ada seseorang yang
bisa mereka tanya.
·
Semua
orang tahu cara menggunakan PC dan telepon baru dan jika mereka memiliki masalah,
ada seseorang yang dapat mereka tanyai dan membantu mereka mengatasi
masalahnya.
Langkah
5.4. Lepaskan sumber daya manusia
1.
Anda
yakin bahwa mereka telah menyelesaikan semua tugas yang diperlukan, tidak hanya
mereka telah bekerja sampai tanggal tertentu yang ditentukan sesuai rencana.
Bukan hanya tanggal yang harus dilewati, tetapi bahwa semua pekerjaan yang
seharusnya mereka lakukan telah selesai.
2.
Anda
memiliki kepercayaan diri bahwa Anda tidak akan membutuhkan mereka untuk
membantu Anda menguji dan mengimplementasikan kiriman, atau memberikan dukungan
lebih lanjut kepada pelanggan.
Sumber daya lain yang mungkin tersisa adalah uang.
Tidak menghabiskan lebih dari anggaran awal Anda (termasuk kemungkinan). Dengan
asumsi masih ada sedikit uang yang tersisa, Anda harus mengembalikannya kepada
pelanggan Anda, atau setidaknya memberi tahu akuntan perusahaan bahwa semua itu
berjalan untuk dibelanjakan telah dihabiskan.
Kunci Keberhasilan
Manajemen proyek adalah tugas
langsung. untuk dapat mengelola proyek dengan baik. Seseorang memiliki
pandangan status terkini. Anda perlu mengetahui secara akurat bagaimana proyek
ini berkembang, masalah apa yang telah terjadi hari ini dan apakah mereka dapat
dengan mudah diselesaikan atau tidak. Anda harus menjaga perasaan tentang apa
yang dilakukan tim: apakah mereka menikmati pekerjaan dan merasa mudah, atau
apakah mereka berjuang dan membutuhkan motivasi?
Satu-satunya cara Anda dapat
mencapai ini adalah untuk tetap terlibat erat dalam pekerjaan. Beberapa manajer
proyek mengambil pendekatan yang sangat mudah dan menghabiskan waktu mereka di
kantor untuk meneliti Rencana Proyek atau memikirkan apa yang perlu terjadi
selanjutnya. Ya, Anda perlu memastikan Anda memiliki rencana yang baik, dan ya,
Anda perlu waktu untuk berpikir - tetapi pada akhirnya manajemen proyek yang
sukses adalah tentang tindakan. Setiap tindakan paling efektif ketika diambil
untuk melakukan ini pada proyek Anda harus terlibat dalam proyek dan menyadari
apa yang sedang terjadi.
Langkah 5.5 Tinjau untuk waktu berikutnya
Apakah ini satu-satunya proyek yang
akan Anda jalankan? Apakah ini satu-satunya proyek yang akan dijalankan dalam
bisnis Anda? Biasanya jawaban untuk kedua pertanyaan ini adalah tidak. Jika
demikian, ada baiknya meninjau proyek segera setelah selesai untuk memastikan
Anda telah belajar pelajaran berharga. Jangan meninggalkan periode yang lama
sebelum melakukan tinjauan ini karena Anda membutuhkan ingatan proyek agar
segar dalam ingatan Anda.
Pertanyaan utama yang harus dijawab
dalam melakukan tinjauan adalah:
·
Apa yang akan terus Anda lakukan? Apa yang berjalan dengan
baik dan apa yang akan Anda lakukan lagi pada proyek Anda berikutnya?
·
Apa yang akan Anda berhenti lakukan? Apa yang berjalan buruk
dan Anda akan melakukan yang berbeda pada proyek Anda berikutnya?
·
Apa yang akan Anda mulai lakukan? Apa yang tidak Anda
lakukan pada proyek ini yang menurut Anda akan baik untuk dilakukan?
·
Adakah hal lain yang telah Anda pelajari yang layak diingat
untuk waktu berikutnya?
Tinjauan ini harus melibatkan tim
proyek - dan jika Anda bisa, pelanggan proyek juga.
Langkah 5.6 Perayaan!
Menyelesaikan proyek dengan sukses
harus menjadi sesuatu yang Anda banggakan. Jika Anda telah mengikuti
langkah-langkah dalam buku ini, Anda sekarang akan memahami bahwa
prinsip-prinsip manajemen proyek benar-benar tidak rumit dan dalam beberapa hal
hanya akal sehat yang diterapkan secara terstruktur. Namun mengelola proyek
dengan baik adalah sesuatu yang banyak orang perjuangkan dan sering gagal. Jika
Anda telah menyelesaikan proyek Anda dengan sukses, Anda dan tim proyek layak
mendapat perayaan.
Kiat kunci
·
Pertimbangkan apakah hasil dari proyek Anda perlu diuji dan
diimplementasikan, dan jika mereka melakukan bagaimana Anda akan melakukan ini.
·
Bersiaplah, jika perlu, untuk memberikan beberapa dukungan
kepada pelanggan Anda untuk waktu yang singkat setelah kiriman telah
dilaksanakan.
·
Kontrol pelepasan orang dari proyek.
·
Jangan lupa untuk merayakan kesuksesan Anda!
·
Bangun Rencana Proyek dan Anggaran Proyek Anda untuk
memasukkan tugas-tugas yang diperlukan dalam bab ini.
·
Jika Anda terlambat, atau kekurangan anggaran, hindari
godaan untuk melewati tugas-tugas ini.
HARUS DILAKUKAN SEKARANG
·
Tinjau Rencana Proyek Anda. Tanyakan kepada diri sendiri,
apakah ada hal lain yang perlu Anda lakukan untuk memastikan pelanggan Anda
benar-benar akan mendapat manfaat dari hasil proyek?
·
Pastikan Anda telah membangun semua tugas ini ke dalam
Rencana Proyek dan Anggaran Proyek, dan Anda memiliki orang-orang di tim proyek
yang dialokasikan untuk tugas-tugas ini.
KESIMPULAN
Ada banyak lagi tentang menjadi
manajer proyek yang hebat, yang dapat memberikan proyek terbesar dan paling
kompleks. Namun dalam sebagian besar situasi, apa yang ada dalam buku ini, jika
diterapkan dengan baik, akan sangat meningkatkan peluang Anda untuk sukses.
Referensi bahan di sini sesering yang Anda butuhkan.
Semakin banyak Anda berlatih,
semakin baik keterampilan Anda sebagai manajer proyek. Dan pada akhirnya,
manajemen proyek lebih praktis daripada subjek teoritis. Tinjau apa yang
terjadi setelah setiap proyek dan belajar dari keberhasilan dan kesalahan Anda.
Ketika Anda memiliki kesempatan, amati orang lain dan pelajari juga dari
mereka.
BAB
II
MEMBAWA PROYEK KE HASIL YANG SUKSES
Tujuan
manajemen proyek untuk memperoleh penerimaan klien terhadap hasil proyek. Ini berarti bahwa klien setuju bahwa spesifikasi kualitas dari parameter proyek telah
dipenuhi. Agar ini dapat berjalan dengan lancar, klien dan manajer proyek harus
memiliki kantin kinerja yang terdokumentasi dengan baik dari awal proyek. Ini
bukan untuk mengatakan bahwa tidak ada yang bisa berubah, tetapi ketika
perubahan dilakukan, kontrak harus diubah untuk mendaftar perubahan spesifikasi
bersama dengan perubahan yang dihasilkan dalam jadwal dan anggaran.
Kriteria
objektif dan terukur selalu yang terbaik, sedangkan kriteria subyektif berisiko
dan tunduk pada interpretasi. Seharusnya tidak ada ruang untuk keraguan atau
ambiguitas, meskipun ini seringkali sulit untuk dicapai. Penting juga untuk
jelas tentang apa yang diharapkan akan dicapai oleh hasil proyek. Misalnya,
ketiga hasil ini dapat menghasilkan hasil yang sama sekali berbeda; produk
proyek melakukan fungsi yang ditentukan; itu dibangun sesuai dengan desain yang
disetujui; atau itu memecahkan masalah klien.
Proyek
mungkin atau tidak
mungkin selesai ketika hasilnya dikirim ke klien. Seringkali ada persyaratan
dokumentasi seperti manual operasi, gambar lengkap, dan laporan akhir yang
biasanya setelah pengiriman mungkin ada orang yang akan dilatih untuk
mengoperasikan fasilitas atau produk baru, dan audit akhir adalah umum. Akhirnya, anggota
tim proyek perlu ditugaskan kembali, kelebihan peralatan,
bahan, dan persediaan yang dibuang serta fasilitas dibebaskan.
Langkah
terakhir dari setiap proyek harus menjadi tinjauan evaluasi. Ini adalah melihat
kembali proyek untuk melihat apa yang telah dipelajari yang akan berkontribusi
pada keberhasilan proyek di masa depan. Tinjauan ini paling baik dilakukan oleh
tim proyek inti dan biasanya dalam diskusi kelompok.
Daftar periksa penggabungan
1.
Proyek uji
keluaran proyek untuk melihat apakah itu berfungsi.
2.
Manual operasi
3.
Gambar akhir yang
lengkap
4.
Memberikan hasil
proyek ke klien
5.
penulisanLatih
personil klien untuk mengoperasikan hasil
6.
proyek Personel proyek
Ressign
7.
Buang kelebihan
peralatan, bahan, dan persediaan
8.
Fasilitas rilis
9.
Rangkumlah masalah-masalah
utama yang dihadapi dan solusinya.
10.
Kemajuan teknologi
yang didokumentasikan membuat
11.
rekomendasi Summarize
untuk penelitian dan pengembangan di masa depan .
12.
Ringkas pelajaran yang
didapat dalam berurusan dengan antarmuka.
13.
Tulis laporan evaluasi
kinerja pada semua staf proyek.
14.
Berikan umpan balik
tentang kinerja kepada semua staf proyek
15.
Lengkapi audit akhir.
16.
Tulis laporan akhir.
17.
Melakukan tinjauan
proyek dengan manajemen atas.
18.
Deklarasikan proyek
selesai.
Bentuk evaluasi proyek
1.
Seberapa dekat dengan jadwal
penyelesaian proyek sebenarnya selesai?
2.
Apa yang kami pelajari
tentang penjadwalan yang akan membantu kami dalam proyek berikutnya.?
3.
Seberapa dekat dengan
anggaran adalah biaya proyek akhir?
4.
Apa yang kita pelajari
tentang penganggaran yang akan membantu kami dalam proyek selanjutnya?
5.
Setelah selesai,
lakukan proyek output memenuhi spesifikasi klien tanpa pekerjaan tambahan?
6.
Jika pekerjaan
tambahan diperlukan, tolong jelaskan.?
7.
Apa yang kita pelajari
tentang menulis spesifikasi yang akan membantu kita dalam proyek selanjutnya?
8.
Apa yang kita pelajari
tentang staf yang membantu kami dalam proyek selanjutnya?
9.
Apa yang kami pelajari
tentang memantau kinerja yang akan membantu kami dalam proyek berikutnya?
10.
Apa yang kami pelajari
tentang mengambil tindakan korektif yang akan membantu kami dalam proyek teks
kami?
11.
Kemajuan teknologi apa
yang dibuat pada proyek ini?
12.
Alat dan teknik apa
yang dikembangkan yang akan berguna pada proyek kami selanjutnya?
13.
Peristiwa apa yang
kita miliki untuk penelitian dan pengembangan di masa depan?
14.
Pelajaran apa yang
kita dapat dari hubungan kita dengan organisasi jasa dan vendor luar?
15.
Jika kita memiliki
kesempatan untuk menyelesaikan proyek, apa yang akan kita lakukan secara
berbeda?
TINJAUAN KEMAJUAN
Periksa Benar atau Salah
dalam menanggapi setiap pernyataan berikut:
No
|
Benar
|
Salah
|
|
1
|
Pekerjaan manajer proyek berakhir dengan penyerahan hasil proyek
kepada klien.
|
||
2
|
Kriteria kinerja harus disetujui oleh klien sebelum proyek
berjalan.
|
||
3
|
Kriteria kinerja yang obyektif dan mudah diukur, dikembangkan.
|
||
4
|
Manual operasi penulisan dan pelatihan personil klien dalam
operasi output proyek adalah bagian dari tahap penyelesaian
|
||
5
|
Biasanya tidak ada kelebihan peralatan, bahan, atau persediaan
untuk dikhawatirkan pada akhir proyekPenugasan
|
||
6
|
kembali personil tim proyek adalah salah satu langkah terakhir
dalam menutup proyek
|
||
7
|
Biasanya, penyelesaian oudit akhir dan penulisan sebuah laporan
akhir menyimpulkan tanggung jawab manajer proyek
|
||
8
|
Setelah proyek selesai, sedikit yang bisa diperoleh dari
menghabiskan waktu mengevaluasi pengalaman
|
||
9
|
Proyek sering kali membuat teknologi yang layak dibagikan dengan
aprt lain dari organisasi
|
||
10
|
Jika tidak dicatat, pelajaran bisa dipetik selama suatu proyek
biasanya hilang dan harus dipelajari kembali oleh manajer proyek masa depan
|
DAFTAR RUJUKAN
Haynes,
M.E. 1996. Project Management.
California: Crisp Publications, Inc.
Richard,
N. 2006. Project Management Step By Step.
New York: Pearson
Tidak ada komentar:
Posting Komentar